O P I N I

Sumber Daya Manusia Berbasis Teknologi

Asistia Semiawan

( Dep. SDM PP - PATI)

 Era abad 21 saat ini merupakan suatu masa dimana pemakaian dan penggunaan teknologi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kehidupan manusia sehari-hari. Sebenarnya penggunaan teknologi sudah hadir dalam kehidupan manusia, sejak adanya kehidupa di dunia ini. Sebagai contoh bila kita melihat bahwa pada jaman kehidupan yang lalu, manusia membuat api dengan memantik atau mengadu batu dengan batu lainnya, maka mungkin dari sinilah teknologi pemantik api untuk kegiatan kita sehari-hari berkembang.

 

Pengertian teknologi menurut berbagai kamus mendefinisikan bahwa teknologi adalah bagian dari ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan metode sains dan industri serta implementasinya didalam dunia industri.

 

Mengapa teknologi cepat berkembang dan mengapa teknologi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia?. Tanpa teknologi kelihatannya saat ini manusia akan sangat sulit beradaptasi dengan kehidupan dimuka bumi.

 

Ada banyak parameter yang mempengaruhi perkembangan teknologi di dalam kehidupan manusia. Salah satu parameter yang paling penting dan berperan terhadap perkembangan teknologi adalah Sumber Daya Manusia.

 

Ulasan ini akan membahas sedikit, bagaimana peran manusia terhadap perkembangan teknologi dengan mengacu kepada keterkaitan antara sumber daya manusia dengan teknologi yang sangat signifikan.

 

Teknologi dan Perkembangan ekonomi

 

             Perkembangan ekonomi suatu negara harus dan akan selalu dibarengi dengan perkembangan teknologi. Suatu Negara dapat mengandalkan kemakmuran dan kemajuan ekonomi bangsanya karena kemajuan teknologi yang dikuasainya. Sebagai contoh, Jepang dan Cina menghasilkan sebagian besar devisa negaranya dari penjualan teknologi yang diciptakan maupun yang hanya dikembangkannya. Di lain pihak, kemajuan ekonomi suatu Negara mengharuskan Negara tersebut menggunakan dan mengembangkan teknologi tinggi agar kemajuan negaranya tetap terpelihara. Fenomena lain mengenai keterkaitan teknologi dan perkembangan ekonomi adalah Negara-negara Jepang dan Cina sangat mengandalkan kemampuannya dalam melakukan replika terhadap teknologi yang diciptakan oleh orang lain. Misalnya industri otomotif yang pada awal perkembangannya dikuasai oleh Negara Amerika Serikat, saat ini pangsa pasarnya dikuasai oleh Jepang. Kemampuan melakukan hal ini, menjadi salah satu factor penting pendorong ekonomi di Jepang.

 

Teknologi dan Lingkungan Hidup

 

             Berbagai fenomena bencana alam telah terjadi di muka bumu ini sebagai akibat/dampak dari perbuatan manusia. Salah satu issue lingkungan yang sangat ini hangat dibicaraka adalah issue perubahan iklim.

 

             Perubahan iklim dikaitkan dengan emisi Gas Rumah Kaca yang berlebihan ke atmosfer akibat dari kegiatan manusia. Salah satu contoh adalah emisi gas SO2, NOx dan CO2 ke atmosfer oleh kegiatan pembangkit listrik maupun Kegiatan industri lainnya.

 

             Untuk menanggulanginya, manuasia mengandalkan teknologi agar dampak kegiatan manusia ini, dapat diminimalkan dan terjadi adaptasi oleh alam secara lebih cepat. Dampak terhadap emisi Gas Rumah Kaca dari pembangkit listrik, misalnya diantisipasi dengan peralatan Flue Gas Desulphirization untuk mengurangi emisi SO2 ; dampak emisi CO2 diantisipasi dengan pemakaian Clean Coal Technology ; de-NOx sudah dipakai beberapa tempat untuk mengantisipasikan emisi NOx , dsb, banyak ruang kehidupan penggunaan teknologi diperlukan untuk meminimalkan dampak terhadap lingkungan hidup.

 

             Keterkaitan antara teknologi dengan lingkungan hidup dapat juga digambarkan dengan melihat bagaimana teknologi energi terbarukan dari masa ke masa berkembang. Perkembangan teknologi energi terbarukan ini dipengaruhi oleh semakin terbatasnya sumber  daya alam tidak terbarukan, sedangkan dilain pihak kebutuhan energi dari sumber daya alam tersebut semakin lama semakin meningkat. Teknologi pembangkitan listrik dan sumber daya alam tidak terbarukan semakin beragam, dari tenaga air, tenaga surya, tenaga angin, tenaga gelombang dan akhir dekade ini berkembang sampai kepada tenaga dari sumber-sumber nabati.

 

Teknologi dan Buadaya Bangsa

 

             Apakah kemajuan teknologi terkait dengan peradaban ataupun budaya bangsa? Telah disebutkan diatas bahwa tekologi adalah suatu metode sains ataupun metode dalam melaksanakan kegiatan industri bila kita melihat perkembangan di Negara-negara Barat, teknologi komputer mengarahkan kegiatan industri pada proses otomatisasi, sehingga penggunaan tenaga manusia dapat dibatasi dan mungkin lebih effisien bila dibandingkan dengan budaya bangsa di Indonesia, dimana semua kegiatan industri banyak dilandaskan pada azas gotong royong, maka penggunaan teknologi computer untuk proses otomatisasi dalam kegiatan industri tidak berkembang seperti di negara Barat. Dengan budaya bangsa di Indonesia, dimana semua kegiatan industri banyak dilandaskan pada azas gotong royong, maka penggunaan teknologi computer untuk proses otomatisasi dalam kegiatan industri tidak berkembang seperti di negara Barat.

             Walaupun pendapat ini masih harus dibuktikan secara empiris, maupun fenomena ini dapat diterima karena melihat jumlah populasi penduduk di negara-negara seperti Indonesia sangat besar, maka industri padat karya masih harus dipakai untuk menjaga kestabilan ekonomi bangsa.

 

             Dengan model industri seperti ini, maka perkembangan teknologi yang akan terjadi di Indonesia misalnya, akan berbeda dengan perkembangan teknologi yang ada di Negara-negara lain seperti Jepang dan Amerika Serikat. Dalam kondisi yang berbeda dan dalam kondisi yang sangat kontras denga peradaban masa kini, masyarakat Amiah di Amerika Serikat adalah masyarakat yang masih hidup menggunakan teknologi peradaban masa lalu. Mereka tidak menggunakan listrik, tidak menggunakan mesin-mesin bertenaga listrik maupun tenaga mekanik, mereka tidak menggunakan kendaraan mobil, tidak mempunyai pesawat televise dsb. Kondisi ini dikaitkan dengan budaya dan agama yang dianut oleh masyarakat ini.

 

Namun demikian, teknologi tetap menjadi bagian dari kehidupan mereka. Mereka memproduksi bahan pakaiannya sendiri, memintal dan menenun dengan mesin pemintal tradisional, memproduksi bahan makanan dengan bahan baker dari alam, mereka memproduksi hasil bumi memakai teknologi konvensional, menimba air dari sumur bukan dengan pompa listrik, tetapi dengan pompa menggunakan tenaga manusia ataupun tenaga hewan.

 

Teknologi dan Gaya Hidup

 

             Perkembangan teknologi juga akan sangat terpengaruh dengan gaya hidup masyarakat. Contoh paling sederhana adalah penggunaan telepon genggam oleh hamper 90 % masyarakat Indonesia, terlepas dari dimana mereka berada secara geografis, bagaimana level pendidikannya, bagaimana pekerjaan dan penghasilannya, dan bagaimana kebutuhannya terhadap telepon genggam tersebut. Bila dahulu sarana telepon umum masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya, saat ini kelihatannya penggunaan telepon umum dibeberapa pelosok tempat terpencil sudah tergantikan oleh telepon genggam.

            

             Apakah perlu memakai telepon gengggam bila sarana telepon biasa tersedia diseluruh sudut tempat? Jawaban dari fenomena ini adalah kebutuhan karena gaya hidup. Generasi muda pada saat ini mempunyai cara tersendiri untuk mengakses informasi. Buku-buku diperpustakaan kalah popular dibandingkan dengan fasilitas internet yang terpasang diperpustakaan. Bila dahulu informasi hanya dapat diperoleh melalui media cetak, saat ini berbagai informasi dapat diperoleh melalui internet dalam bilangan waktu yang sangat singkat.

 

             Pengalaman pribadi saya menunjukkan bahwa generasi muda saat ini lebih sering duduk dan berdiskusi di café-café yang menyediakan fasilitas internet, dibandingkan dengan duduk berdiskusi di perpustakaan. Kebutuhan akan tempat-tempat yang mempunyai fasilitas dan kemudahan komunikasi kemudia berkembang memenuhi tuntutan ini.

            

             Kemajuan teknologi dibidang informasi dan telekomunikasi adalah beberapa hal yang terkait erat dengan gaya hidup masyarakat. Misalnya para eksekutif muda saat ini benar-benar memperhatikan jenis dan merek telepon genggam maupun computer yang mereka gunakan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Fasilitas dan features dari peralatan ini, menjadi focus utama pada saat mereka memilih dan memutuskan untuk membeli barang-barang ini.

            

             Contoh lain adalah, perkembangan teknologi otomotif yang juga dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat. Di Indonesia, seorang profesional akan lebih memilih memakai kendaraan pribadi dibandingkan dengan memakai kendaraan umum ataupun berjalan kaki. Jenis, kapasitas dan modelnya menjadi atribut yang sangat penting bagi seorang profisional dalam menjalankan profesinya, jenis kendaraan mahal yang dipakai kadang-kadang menjadi ukuran keberhasilan dalam pekerjaannya. Hal ini berbeda bila dibandingkan dengan para professional dinegara-negara lain seperti di Sinapore dan di Negara-negara Barat, yang lebih memilih memakai kendaraan umum atau berjalan kaki, daripada memakai kendaraan pribadi. Atribut kendaraan pribadi lebih tidak melekat pada pekerjaan maupun profesinya.

            

             Gaya hidup masyarakat global yang berpengaruh kepada perkembangan teknologi. Kebutuhan pada akses informasi yang cepat ataupun kebutuhan akan fasilitas yang cepat, menunjang bagian dari gaya hidup masyarakat global pada umumnya, yang sangat mobile dan dituntut untuk berkompetisi dalam hal kecepatan waktu dan tindakan.  Kebutuhan akan hal-hal yang selalu harus berpacu dengan waktulah kemudian menjadi tuntutan kepada perkembangan teknologi.

 

Sumber Daya Manusia Berbasis Teknologi

 

             Melihat keterkaitan teknologi dengan semua aspek kehidupa, maka dapat disimpulkan bahwa yang paling berinteraksi dengan teknologi adalah sumber daya manusia. Sebagai pengguna teknologi maka manusialah yang mengendalikan perkembangan teknologi. Manusia yang mengendalikan pemakaian dan manfaatan teknologi. Manusia tidak akan lepas dari teknologi. Teknologi ada sejak peradaban muncul, dan teknologi juga dipakai sejak ada peradaban dan berkembang sejalan dengan peradaban manusia.

@ Copy Right PATI 2007

Sumber  Tulisan Pendapat / Opini  diperpleh dari :

Majalah Intern PATI