• Pengangguran di Indonesia diperkirakan bertambah setiap tahunnya. Hal penganguran ini bukanlah hal baru buat kita, yang pada dasarnya persoalan ini telah menjadi masalah kita semua, jika kita coba menilik kepermasalahan jumlah kelulusan SMK, Diploma, Sarjana. Sangat tidak relevan dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia dari pihak pemerintah khususnya, disini perlu kita telusuri apa sebenarnya yang menjadi persoalan mendasar sehingga hal itu terjadi?.

    Memang kita akui tidak sepenuhnya masalah ini kita serahkan kepada pemerintah, tapi harapan kami kedepan adalah Kami (PATI) bisa mencari solusi yang baik, perlu kita ketahui bahwa permasalahan kita saat ini bukan hanya dengan tingkat kelulusan yang tinggi dan lapangan kerja yang sedikit tapi ada persoalan lain, dimana ada para pekerja yang di PHK, Masa Kontrak yang sudah berakhir, yang sampai sekarang belum mendapatkan pekerjaan, dan masih banyak lagi persoalan yang dihadapi.

    Dalam rangka mengurangii penganguguran tersebut, PATI melaksanakan program penempatan tenaga kerja (BINAPENTA) sesuai dengan Bidang keahlian. Adapun calon tenaga kerja tersebut terdiri dari dua kategori, yaitu :

    1. Tenaga Kerja Bersertifikat.
    2. Tenaga Kerja Non Sertifikat.

    Untuk tenaga yang Non Sertifikat, maka PATI akan memberikan Sertifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga Tenaga Kerja tersebut dapat memenuhi kriteria yang diinginkan oleh pengguna jasa.

    Binapenta PATI melakukan MoU dengan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan di Jakarta, guna memenuhi permintaan dari para pengguna jasa untuk dapat dipekerjakan sesuai dengan keahlian dan keterampilannya.

    Dari MoU PATI dengan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan di Jakarta, Binapenta PATI memiliki database tenaga kerja siap pakai, sesuai dengan program keahliannya. Dimana Tenaga kerja siap pakai tersebut telah dilatih dan memiliki sertifikat sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

    Selain database Tenaga Kerja Siap Pakai, Binapenta juga mengambil tenaga kerja yang sudah di sertifikasi oleh PATI yaitu dari Sertifikasi keahlian (SKA) dan Sertifikasi Keterampilan (SKTK) sesuai dengan bidangnya.

    Untuk sementara ini Binapenta mengambil tenaga kerja dari daerah Jabotabek. Dari data yang ada Binapenta mempunyai tenaga kerja yang bersertikat keahlian, dan yang bersertifikat keterampilan .

    Binapenta PATI, hingga saat ini telah bekerjasama dengan beberapa Jasa Konstruksi di JABOTABEK untuk penempatan Tenaga Kerja Siap Pakai sesuai dengan Keahlian yang dimilikinya dan mendapatkan hasil yang sangat positif.

    Calon tenaga kerja ini secara berkala telah menjadi anggota PATI dengan adanya MoU dengan beberapa sekolah kejuruan di Jakarta, program ini di harapkan dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran yang tinggi.

     

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Berita Pati