• 10May
    Categories: Berita Comments: 0

    Negeri kita masih membutuhkan banyak sekali tenaga ahli konstruksi bersertifikat, demi terwujudnya usaha jasa konstruksi nasional yang profesional, efisien, dan berdaya saing di pasar nasional maupun internasional. Selain itu, sebagai salah satu sektor ekonomi, usaha jasa kontruksi diharapkan dapat berkembang pesat, sehingga perekonomian nasional dapat bertumbuh sehat, demi kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Sebagai salah satu elemen dalam sektor usaha jasa konstruksi, maka kualitas tenaga kerja di sektor jasa konstruksi perlu ditingkatkan, yang dapat diwujudkan melalui pelatihan dan sertifikasi.

    PATI, asosiasi profesi yang sudah berusia tua (baca : 23 tahun) menyadari pembinaan tenaga kerja bidang teknik menjadi salah satu tugas yang harus dilaksanakan, sebagai wujud kontribusi positif bagi kemajuan bangsa. Tanggung jawab itu diwujudkan PATI melalui pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi bagi tenaga teknik bidang jasa konstruksi. Khusus untuk keahlian, selama ini PATI hanya dapat melaksanakan pelatihan dan sertifikasi untuk subbidang Teknik Sipil, Struktur, Transportasi, dan Elektronika & Telekomunikasi. Karena desakan dari para ahli teknik untuk subbidang lainnya, maka PATI mengajukan permohonan akreditasi ke LPJK Nasional. Setelah melewati proses pembahasan yang panjang, permohonan akreditasi PATI disetujui PATI, sesuai SK Dewan Pengurus LPJK Nasional No. 61/KPTS/LPJK/D/VI/2008. Sebanyak sembilan subbidang keahlian yang disetujui, yaitu Arsitek, Lansekap, Sumber Daya Air, Teknik Mesin, Tata Udara dan Refigerasi, Transportasi dalam Gedung, Sistem Plambing, Teknik Tenaga Listrik, dan Teknik Lingkungan. Dengan adanya tambahan subbidang ini, maka PATI sudah dapat melaksanakan sertifikasi untuk semua bidang, dan hampir semua subbidang.

    Sebagai salah satu perangkat untuk pelaksanaan sertifikasi, asesor yang melaksanakan sertifikasi perlu dipersiapkan. Guna kelancaran pelaksanaan sertifikasi keahlian untuk subbidang baru, Lembaga Sertifikasi PATI (LS PATI) mengadakan Pelatihan Asesor Tenaga Ahli, pada tanggal 12 Juli 2008, bertempat di Hotel Oasis Amir Senen Jakarta Pusat. Asesor yang diundang sebanyak 56 orang, namun yang dapat hadir sebanyak 42 orang. Acara diadakan dari pagi, jam 09.00 Wib hingga petang hari (17.00 Wib).

    Dalam sambutannya pada acara pembukaan, Ketua LS PATI Ir. Timbul Sinaga menguraikan tentang proses sertifikasi keahlian PATI. Dalam uraiannya, Ir. Timbul Sinaga menyampaikan, pihaknya sudah diminta di berbagai daerah untuk melaksanakan sertifikasi untuk subbidang baru. “Banyak permintaan dari daerah, supaya segera dilaksanakan sertifikasi bagi anggota di daerahnya. Namun karena banyak hal yang masih perlu dipersiapkan, maka kami masih menunda, sampai kita benar-benar siap,” ujarnya. Kepada para asesor, Ir. Timbul Sinaga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. “Kami menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibu, tolong bantu kami untuk mensukseskan sertifikasi di seluruh wilayah,” ujarnya.

    Ketua Umum PP PATI yang diwakili Sekretaris Jenderal PP PATI Dr. Ir. Vincent T. Radja, M.Sc.GE yang didaulat untuk membuka acara, menekankan agar para assor dapat membantu PATI melaksanakan sertifikasi di seluruh wilayah Indonesia. “Saya kenal beberapa diantara Bapak Bapak yang hadir hari ini, sehingga saya semakin yakin bahwa sertifikasi ini akan berjalan lancar nantinya,” ujarnya.

    Hingga petang hari, para peserta terlihat serius mengikuti pelatihan. Pada saat simulasi asesmen, para peserta berbagi peran, ada yang jadi peserta uji (asesi), penguji (asesor), dan pengawas. Simulasi ini diharapkan dapat lebih mempersiapkan para asesor dalam melaksanakan tugasnya. Sebelumnya para instruktur sudah memberikan materi pelatihan, yang fokus pada metode asesmen, dengan empat instruktur, yaitu Dr. Ir. Richard Napitupulu, MT, Ir. Achmad Sukardjo Razak, Ir. Firman, dan Budi Marpaung, ST., MT. Acara pelatihan dilanjutkan dengan syukuran akreditasi sekaligus perayaan ulang tahun PATI yang ke XXIII, semenjak jam 19.00 Wib hingga 22.00 Wib, dengan acara makan malam dan hiburan. (Budi M).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.